Minggu, 30 Desember 2012

Mengenal Podcast



Podcast adalah file Audio Digital (biasanya dalam bentuk file MP3 atau AAC) yang tersedia untuk didownload di Internet lewat RSS 2.0 Feed. Dengan Podcast kamu bisa terus uptodate dengan berbagai info menarik dalam bentuk audio digital, jadi tidak membosankan seperti halnya kita membaca sebuah artikel.

Dulu, kamu mungkin sudah sering mendengarkan radio untuk mendapatkan info menarik yang sedang terjadi saat ini. Tentu saja, kamu tidak bisa memilih info apa saja yang ingin kamu dengar di radio tersebut, kamu hanya mendengarkan apa yang sedang dibicarakan oleh penyiar radio tersebut. Nah, saat ini Podcast hadir seperti layaknya radio namun tentu dengan teknologi yang lebih maju, dengan Podcast kamu bisa mendengarkan info menarik yang sedang terjadi, dan bahkan kamu bisa menentukan info apa saja yang ingin kamu dengar.



Podcast bisa kamu dengarkan lewat Laptop, ataupun di di MP3 player kamu seperti iPod dan bahkan lewat Handphone kamu, Blackberry ataupun iPhone.

Langkah-langkah memulai podcasting :

Untuk memulai podcast, pengguna akan perlu untuk mendapatkan perangkat lunak perekaman. Banyak komputer datang dilengkapi dengan perangkat lunak audio sebagai bagian dari harga pembelian. Jika tidak, sedikit riset pasar dapat membantu Anda menentukan perangkat lunak audio terbaik untuk kebutuhan anda. Setelah merekam, menyimpan file audio ke komputer Anda dalam format sharable (seperti MP3).

Selanjutnya Anda harus membuat RSS feed untuk rekaman Anda. Internet memiliki banyak tersedia tutorial untuk mengajarkan cara untuk melakukan ini.

Anda dapat mempublikasikan podcast Anda ke Internet dalam dua cara. Pertama, Anda dapat memulai website Anda sendiri. Sebuah alternatif (gratis) lebih murah adalah dengan memulai sebuah blog di mana Anda akan membuat podcast Anda tersedia. Tambahkan feed RSS / langganan tombol sehingga pendengar dapat secara otomatis menerima pemberitahuan bila Anda mempublikasikan podcast baru.

Cara kedua yang Anda dapat mempublikasikan podcast Anda adalah untuk meng-upload ke website hosting podcast. Situs ini menerima podcast dari semua jenis. Mereka biasanya biaya beberapa jenis keanggotaan atau biaya berlangganan yang biasanya nominal, tergantung pada situs. Anda cukup meng-upload file Anda ke situs, mengkategorikan, dan tag dengan kata kunci yang relevan sehingga pihak yang berkepentingan akan menemukannya.

contoh audio podcast yang bersai di upload https://soundcloud.com/priskyla
kelas : 2IA16
anggota :
- Desty Putri Arifin
- Dian Ayu Kemala
- Fitri Cynthia Dewi
- Priskyla Vivi Evitavani

Sumber : 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar