Sabtu, 29 Desember 2012

Apa Itu RSS??


Bagi kita yang sering mengakses internet mungkin pernah melihat tulisan RSS yang biasanya berada di pojok kiri atas. Tapi apakah kalian tau apa itu RSS? Dan apa fungsi dari RSS?

RSS (Really Simple Syndication atau Rich Site Summary )  adalah suatu teknologi dalam dunia web yang dibangun untuk mempermudah kita untuk membaca ataupun berlangganan konten (isi/artikel) dari suatu situs/web/blog. RSS merupakan versi sederhana dari halaman web yang berisikan hanya konten artikel saja, tanpa adanya fitur-fitur lain seperti widget, iklan, CSS, ataupun javascript.


RSS biasanya digunakan secara luas di website yang menyediakan konten yang dinamis dan terupdate secara berkala, seperti halnya blog, portal berita, dan lain-lain.

Situs di Indonesia yang sudah menggunakan RSS antara lain :
-          Okezone.com
-          Tempointeraktif.com
-          Detik.com
-          Kompas.com
-          Antara.co.id
-          Liputan6.com

Langkah-langkah menggunakan RSS :
1.       Download dan install program RSS reader.RSS reader yang tersedia di antaranya Feedreader dan lain-lain.
2.       Buka situs yang menyediakan RSS feed. Situs yang menyediakan RSS feed umumnya menampilkan sebuah text atau kotak kecil yang bertuliskan RSS. Contohnya seperti situs-situs yang disebutkan diatas.
3.       Tambahkan RSS dari situs tersebut ke program RSS reader. Dalam setiap RSS reader pasti menyediakan menu untuk menamahkan RSS feed baru. Masukan URL RSS feed pada menu untuk menambahkan RSS feed.


4.       Mengupdate RSS feed yang ada. Setelah menambahkan RSS feed anda juga perlu untuk mengupdate RSS tersebut melalui program RSS reader.




sumber : http://www.gayahidupdigital.com/2005/04/03/cara-menggunakan-rss/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar